Selasa, 24 November 2009

Madu Mutiara Tugu Ibu Binaan LPPM IPB

Hampir semuua masyarakat Indonesia mengenal madu, tetapi hanya sedikit yang mengetahui manfaat madu. Madu merupakan cairan alami dengan gizi tinggi yang sejak berabad-abad telah diakui khasiatnya. Para pelopor kedokteran modern, seperti Hippocrates dan Ibnu Sina sampai seorang ilmuan yang juga seniman terkenal Yunani, Dioscorides, sangat menganjurkan mengkonsumsi madu. Madu telah menjadi sebuah kebutuhan manusia yang menginginkan kesehatan terjaga hingga saat ini.

Madu mengandung zat antibakteri. Madu memiliki sifat osm

olalitas yang tinggi yang membuat bakteri sulit bertahan hidup. Madu juga bersifat perservatif atau bersifat mengawetkan. Siifat inilah yang membuat madu juga bisa dipakai sebagai pengawet dan dapat disimpan bertahun-tahun. Selain itu, madu murni juga mengandung enzim-enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbaggai metabolisme di dalam tubuh, protein, asam organik, hormon, dan senyawa antimikroba berkhasiat antibiotika.

Gambaran umum Mutiara Tugu Ibu

Mutiara Tugu Muda merupakan perusahaan perlebahan hasil penelitian Pemuda Mandiri yang diselenggarakan oleh Departemen Tenaga Kerja bekerja s

ama dengan Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat(LPPM) Institut Pertanian Bogor dan binaan staf Laboratorium Entomologi Hutan, Fakultas Kehutanan.

Alur Produksi Madu

q Lebah mengumpulkan bahan pembuat madu

q Lebah digembalakan di areal perkebunan yang sedang berbunga

q Lebah memproses madu untuk disimpan di dalam saran

q Madu siap untuk dipanen

q Proses pemanenan madu dengan ekstraktor

q Penampungan madu di dalam gudang

q Madu dibotolkan

q Madu dikemas dalam berbagai ukuran

q Madu siap dipasarkan

q Madu Mutiara Tugu Muda Siap memenuhi keinginan konsumen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar